Sunday, 30 October 2016

Bahagia Itu…-Lisa Swerling dan Ralph Lazar

Bahagia Itu... 500 Hal yang Membuat Kita Bahagia oleh Lisa Swerling dan Ralph Lazar

 

Judul Asli: Happiness Is... 500 Things to be Happy about

Judul Terjemahan: Bahagia Itu... 500 Hal yang Membuat Kita Bahagia

Penulis: Lisa Swerling dan Ralph Lazar

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Bahasa: Indonesia

Alih Bahasa: Ratu Fortunata

Tahun terbit: Agustus 2016

Tebal buku:

Format: Paperback

ISBN: 978-602-033-215-4

Harga: Rp. 85.000 (Gramedia)

 

Rating: 4/5

 

Kapan terakhir kali kita melakukan hal yang membuat kita benar-benar bahagia?

 

P_20161006_074722

 

Benar-benar membuat kita bahagia sampai kita lupa dengan tugas atau beban tanggungan kita, atau mungkin sampai membuat kita tertawa lepas sampai rasanya hati seperti bermekaran dan kita merasa bahwa hari ini adalah hari yang baik dan suasana hati kita menjadi ceria sepanjang hari. Mungkin beberapa dari kita akan menjawab saat kita benar-benar merasa seperti itu adalah ketika kita berlibur ke tempat tujuan paling hits tahun ini, dan ternyata hal tersebut kita lakukan lama sekali. Atau mungkin ketika kita bercanda dengan teman-teman sampai pipi dan perut kita rasanya kram, dan lagi-lagi hal tersebut kita lakukan beberapa minggu yang lalu. Di buku ini, penulis membagikan 500 hal yang bisa membuat kita bahagia.

 

P_20161006_074740

 

Hal yang menarik dalam buku ini adalah, bahwa penulis menggambarkan bahwa untuk merasa bahagia itu caranya sangat sederhana. Buku ini bukan seperti buku-buku Self-Help lainnya yang kalo membahas hal mengenai cara merasa bahagia tipsnya biasanya selalu merasa bersyukur dengan apa yang telah kita miliki, selalu berpikir positif, selalu tersenyum, dan bla-bla-bla yang klise banget pokoknya penjelasannya panjang lebar tinggi, seakan-akan hal tersebut mudah banget untuk dilakukan.

 

P_20161006_074755P_20161006_074822

 

Di buku ini, kita nggak diberikan tips untuk merasa bahagia, coba baca judul bukunya sekali lagi, buku ini semacam sebuah buku harian dari penulis mengenai hal-hal yang mereka lakukan untuk membuat mereka bahagia atau setidaknya membuat mereka tersenyum.

 

P_20161006_074843

 

Yang menjadi daya tarik buku ini adalah adanya gambar yang lucu dan imut banget di tiap halaman. Yup, gambarnya ada di tiap halaman. Untuk tiap hal yang bisa atau berpotensi (alah, berpotensi) membuat kita bahagia, penulis membuat gambar satu atau beberapa orang tokoh yang melakukan hal yang membuat kita bahagia. Gambarnya nggak berupa gambar yang bagus atau cantik banget yang dibuat dengan keahlian ilustrasi komputer tingkat dewa, tapi gambarnya itu seperti coretan anak-anak, nggak rapi, acak-acakan, dan sederhana banget, pokoknya mirip coretan anak kecil yang baru bisa menggambar.

 

P_20161006_074856P_20161006_074913

 

Tapi di situlah saya menemukan hal menarik tentang buku ini, gambarnya sederhana dan nggak ribet, dan karakternya lucu banget. Nah, melihat gambar yang ada di buku ini pun membuat saya senang, saya senang melihat coretan yang dihasilkan oleh anak kecil yang baru bisa menggambar suatu hal, walaupun masih berupa coretan tapi setidaknya ia berusaha. Dan itulah yang membuat saya tertarik dengan buku ini, coretannya.

 

Lalu, apa sih yang diceritakan di buku ini? Hal-hal apa sajakah yang bisa membuat penulis bahagia?

 

P_20161006_075240

 

Ternyata penulis membagikan hal-hal yang sederhana, lho! Kebanyakan malah hal-hal yang selalu kita lakukan. Mungkin saking seringnya kita melakukan hal tersebut kita sampai lupa bahwa hal tersebut sebenarnya merupakan hal menyenangkan. Beberapa hal di buku ini—kebanyakannya, sih—sudah pernah saya lakukan, beberapa bahkan tiap hari saya lakukan, beberapa lainnya belum tapi akan saya lakukan. Dan waktu saya membaca hal-hal sederhana yang biasanya saya lakukan tiap hari dan ternyata bisa membuat kita bahagia, saya seperti diingatkan bahwa untuk merasa bahagia itu memang sederhana banget.

 

P_20161006_074856

 

Beberapa bahkan nggak memerlukan kita untuk mengeluarkan uang. Ketika membaca buku ini, membaca setiap hal yang bisa dan berpotensi membuat kita bahagia, saya senyum-senyum sendiri memikirkan betapa benarnya hal-hal tersebut. Dan betapa sederhananya. Tetapi seringnya kita masih terlalu fokus dengan beban dan tanggungan kita, sehingga kita melupakan hal-hal yang sebenarnya bisa membuat kita bahagia atau setidaknya tersenyum kecil dan mengangkat suasana hati kita menjadi lebih baik.

 

P_20161006_074831P_20161006_074913

 

Oke, ketimbang menyebut buku ini sebagai buku Self-Help saya lebih suka menyebut buku ini sebagai buku pengingat. Buku ini, somehow, mengingatkan kita mengenai hal-hal sederhana, hal-hal yang selalu dan setiap hari kita lakukan, yang bisa membuat kita bahagia. Mungkin beberapa buku Self-Help lainnya, yang menjelaskan bahwa untuk merasa bahagia itu memang sederhana sekali, hanya saja buku-buku tersebut menggunakan banyak penjelasan, jadi kelihatannya sudah tidak sederhana lagi. Nah, buku ini adalah buku yang tepat untuk menjelaskan bahwa untuk merasa bahagia itu ternyata memang sederhana. Hanya ada beberapa patah kata, gambar lucu, dan hal sederhana yang bisa bikin kita tersenyum.

 

Mungkin pembaca sering kali merasa buku dengan hal remeh, tulisan yang super sedikit-sedikit, dan gambar corat-coret seperti coretan anak kecil, tidak sesuai dengan harganya yang bisa dibilang cukup tinggi, tapi saya rasa pembaca tidak akan kecewa ketika mulai membaca buku ini. Pembaca akan menemukan hal-hal yang membahagiakan termasuk coretan yang ada di buku ini.

P_20161006_075215

P_20161006_075013

No comments:

Post a Comment